31 May 2016

Menjadi Volunteer di Kegiatan Pendidikan.

Bulan Mei ini, gue banyak terlibat di kegiatan pendidikan. Dari jaman SMA dulu, ini memang sudah jadi salah satu passion gue karena memberikan kepuasan dan kebahagiaan tersendiri. Tentu terlibatnya di komunitas yang buat gue tertarik dan sejalan dengan value pribadi. Jujur, sejak lulus kuliah dan bekerja tentu waktu untuk ikutan kegiatan seperti ini berkurang apalagi sejak ada anak. Makanya kalau ada kegiatan yang kira-kira bisa sambil jalan (maksudnya bisa bawa anak atau membawa manfaat buat anak kita juga) senang banget bisa ikut terlibat. Mungkin karena hari pendidikan yang jatuh di bulan ini juga, jadi semuanya ambil momen ini hehe. gue cerita sedikit yaa, siapa tau ada yang tertarik untuk ikutan.



1. Kelas Rangkul Keluarga Kita 
30 April 2016. Sebelumnya di blog gue pernah cerita ikut kelas kurikulum keluarga kita, nah kelanjutan dari itu gue bergabung menjadi Rangkul atau relawan penggalang keluarga. Karena gue sendiri suka dengan pendekatan keluarga kita ini, jd gue pengennya orang tua-orang tua lain bisa ikutan belajar dan sharing bersama keluarga kita. Kelas rangkul pertama yang gue bikin di kantor sendiri alias Nutrifood Inspiring Center yang memang diperuntukan untuk komunitas. cerita lengkapnya ditulis oleh teman dunia maya, Nabila yang akhirnya kopdar deh di acara ini *sekali mendayung 3 pulau terlampaui ini mah hehe. Sehabis lebaran gue bakal bikin lagi dengan topik yang berbeda, ikutan yaaah.




2. Kelas Inspirasi Jakarta 5
Ini ketiga kalinya, gue ikutan kelas inspirasi dan pas banget dengan hari pendidikan nasonal 2 Mei. Pengalaman pertama di sini ceritanya, dan yang kedua di sini. Walaupun sudah ketiga kalinya ikut, pengalaman yang didapat berbeda2. Rasanya senang banget bisa berbagi cerita mengenai profesi kita kepada anak-anak ini. Daaan... dari ketiga kalinya ikut, ini justru pertama kalinya ada anak yang langsung bilang ke gue mau jadi public relations (padahal nyebutin profesinya aja susaaaah...). duh terharu, padahal profesinya di mata mereka kan kurang populer. yuk, yang belum pada ikutan tahun depan ikut yaaa. apalagi yang profesinya blogger/ atau profesi 'kekinian' lainnya, mereka juga butuh tau lhoo ada banyak 'profesi' di masa depan mereka.







Kalau acara yang satu ini super keren menurut gue, semacam movement untuk menggabungkan berbagai profesi, organisasi hingga komunitas pendidikan dan non pendidikan dalam satu rangkaian acara. acaranya sendiri dibuka tgl 1 mei, sehari sebelum hari pendidikan nasional di Monas. Temanya sendiri Semua Murid Semua Guru.  pada acara pembukaan di Museum Sejarah Monas, ada monolog dari Bapak Anies Baswedan sebagai Dr.Soetomo dan Reza Rahadian sebagai Ki Hadjar Dewantara sekaligus peluncuran Buku "Belajar dari Ki Hadjar" dan "Budi Dr.Soetomo". lalu acara ditutup dengan penyalaan pelita monas.

Kemudian sebulan kedepan, banyak sekali rangkaian acara yang diadakan oleh berbagai pihak dari musisi sampai media, top bangeet. Rangkaian acarapun ditutup dengan festival publik pada 29 Mei 2016 di FX Sudirman. Acara Lengkapnya sempat aku share di social media. Di kegiatan ini sendiri gue bantuin dikit di bagian media dan bantuin yang kira2 bisa dibantu :p Semoga tahun depan acara ini bakal ada lagi yaaa, salut banget sama Ibu Najeela Shihab sebagai penggagas sekaligus ratusan panitia yang semuanya adalah relawan :)



1 comment: