Social Icons

.

Perpustakaan asyik untuk anak di Jakarta.

11 November 2015

Saya memang senang membaca buku sejak kecil, walaupun karena kesibukan bekerja intensitasnya berkurang jauh. Namun saat memiliki anak,  meningkat kembali seiring kebutuhan akan informasi dunia anak dan parenting. Sejalan dengan itulah, saya juga ingin bisa menumbuhkan kecintaan akan buku pada anak seperti yang dulu ayah saya lakukan kepada saya. Karena saya percaya, cara paling gampang untuk raya berwawasan luas ada 2 hal, dengan mencoba segala macam kegiatan sehingga bisa bertemu banyak orang dan membaca buku.

Nah ada beberapa hal yang saya lakukan untuk menumbuhkan kecintaan raya pada buku, mulai dari menjadi contoh di hadapan raya (termasuk 'menyebar' buku di area rumah), mengajaknya ke toko buku saat ke mall sebagai salah satu hal yang menyenangkan hingga mengajaknya ke perpustakaan yang alhamdulillah-nya sekarang banyak di jakarta yaa. Mumpung cuti melahirkan, jadilah raya saya ajak keliling perpustakaan ini berdasarkan rekomendasi dari productive mamas. Berikut what we love saat berkunjung ke sana :

1. Rimba Baca
Jl. RSPP no.21B Cilandak, Jakarta Selatan 
Biaya : Rp.30.000 per kunjungan baik anak dan dewasa
what we love :
sebenarnya sudah lama raya ke sini, sebelumnya juga pernah saya review. bisa dibilang ini yang paling favorit, karena selain tempatnya luas dan nyaman, di sini sering banget buat acara2 seru untuk anak. cek instagram mereka yaa untuk updatenya. oia, di sini ada beberapa hewan juga di kolam belakang seperti kura-kura, raya senang sekali melihatnya. mba fitri pemiliknya juga ramah :)




2. Reading is Fun - Rumah Kerinci
Jl. Kerinci 3 No.9, jakarta selatan 
Biaya : Rp.20.000 per anak/  2 jam
what we love :
Diantara keempat perpus yang raya kunjungi, tempat ini yang paling bagus interiornya  dan sangat anak-anak sekali (mungkin karena mereka juga membuka semacam les membaca di sana). selain itu, mereka juga menyediakan kostum-kostum untuk dipakai anak yang dipakai saat story telling atau pretend play. super love!





3. The Open Book
Dharmawangsa Square, The City Walk. 2nd Floor, Unit 36-3
Biaya :  Rp.85.000 per anak/ kunjungan
what we love :
Tempat ini memang yang biayanya paling mahal,  mungkin karena di dalam mall. tapi sejalan dengan interior yang juga selucu tempat sebelumnya serta buku-buku yang berkualitas. Yang paling disenangi dari tempat ini adalah, mereka juga menyediakan puzzle seru yang edukatif serta semua buku dikelompokan berdasarkan kategori sehingga mudah dalam mencari.



4. Jakarta Public Library Cikini
Taman Ismail Marzuki, Jl.Cikini Raya no.73 Menteng 
Biaya :  Gratis
what we love :
Sebagai fasilitas umum yang tidak berbayar, tempat ini bisa dibilang bagus. Salut untuk pemda DKI yang menyediakan fasilitas ini sehingga setiap masyarakat bisa menikmatinya. Tempat ini juga pernah direview mba fifi sebelumnya, yang disuka tentu adanya playground juga di tempat ini. walaupun ternyata bagian playground udaranya sangat panas. yang menyenangkan pas raya ke sana sedang ada kunjungan sekolah, ternyata dari mereka disediakan  sesi story telling bagi sekolah yang berkunjung. seru yaa.


Sebenarnya ada beberapa lagi yang direkomendasikan, mungkin next time yaa. Tapi 4 perpustakaan ini bisa dibilang jadi favorit. Percaya atau ngga, ternyata Raya jika diajak ke perpustakaan malah 'bingung' karena banyaknya buku sehingga tidak fokus untuk membaca dan lebih senang dengan 'gimmick' yang ada di sana. Berbeda dengan di rumah yang selalu minta dibacakan. Yang penting, kembali pada tujuan awal..membiasakan raya cinta dikelilingi buku :) Sayang, keempatnya tidak terlalu dekat dari rumah sehingga kami tidak menjadi member. Untungnya di sekolah raya ada perpustakaan yang juga bisa dipinjam buku2nya, yeay!

1 comment: